Kamis, 27 September 2012

SMA KATOLIK RAJAWALI, SEGUDANG PRESTASI MINIM PERHATIAN

       Olimoiade Sains Nasional, yang berlangsung dari tanggal  2 hingga 7 september 2012, di Jakarta telah selesai dilaksanakan.  Olimpiade Sains Nasional diikuti oleh seluruh SMA dari terbaik dari setiap propinsi di Indonesia. Propinsi Sulawesi Selatan mengikutsertakan beberapa sekolah sebagai hasil seleksi tingkat kabupaten kota, dan salah satu pesertany adalah SMA Katolik Rajawali yang menyertakan 10 orang siswa mewakili masing-masing bidang studi yang dilombakan. Sekolah Menengah Atas yang paling banyak mengirimkan utusan ke OSN tingkat nasional mewakili propinsi Sulawesi Selatan dalam tiga tahun terakhir.

     Selama pelaksanaan kompetisi olimpiade sain nasional dilaksanakan SMAK Rajawali sering mewakili Sulsel umumnya dan khususnya Kota Makassar, di Medan berhasil membawa medali emas, perak dan perunggu/ OSN Menado berhasil meraih medali Emas untuk pelajaran Ekonomi, Perak dan perunggu. Pelaksanaan OSN Jakarta, SMA Katolik Rajawali, lagi-lagi membawa 6 medali yaitu 1 perak dan 5 perunggu. Prestasi yang diukir SMAK Rajawali tentu saja menjadi kebanggaan propinsi Sulawesi Selatan umumnya dan khususnya kota Makassar. Chara akrab disapa untuk mewakili nama SMAK Rajawali kerap berjuang untuk mengharumkan nama sulawesi selatan bersama dengan beberapa sekolah SMANegeri lain seperti SMAN 17 Makassar, SMAN Unggulan Malino Gowa dan SMA Negeri Pare-Pare,  dan misi itu telah tercapai dengan menghasilkan prestasi yang membanggakan masyarakat Sulawesi Selatan umumnya dan khususnya kota Makassar.

     Perhatian pemerintah propinsi dan kota Makassar dalam mengapresiasi hasil perjuangan anak-anak bangsa yang dididik pada Chara sangat minim, setidaknya dalam upacara penyambutan kedatangan para srikandi yang baru saja berhasil berjuang mengharumkan nama daerah.
Kalau pemerintah minim perhatian, tidak demikian dengan Yayasan Joseph Yeemye sebagai penyelenggara pendidikan Chara, kedatang para siswa/i disambut dengan antusias bersama dengan pimpinan sekolah Sr.Leonie Taroreh JMJ. Kedatangan para siswa/i peraih medali disambut dengan upacara khusus sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil perjuangan para siswa/i.
Dalam sambutannya kepala perwakilan Yayasan Joseph Yeemye Bapak Johanes Paru,BA dan pimpinan sekolah Sr Leonie Taroreh JMJ, memberi penghargan kepada para siswa/i yang berhasil membawa medali dengan membebaskan mereka dari pembayaran uang sekolah mulai bulan September 2012 hingga selesai studi di Chara, ini demi untuk memotivasi para siswa lain di Chara agar lebih memacu diri untuk belajr lebih giat, sehingga dapat meringankan beban orang tua dalam membayar uang sekolahdi Chara. Para peraih medali merasa sangat gembira dengan apresiasi pihak yayasan yang perhatiannya sangat luar biasa untuk mereka.
Perhatian untuk guru. Kesuksesesn para siswa/i Chara diajang OSN nasional tidak terlepas dari kerja keras para guru yang ada di Chara. Sayangnya lagi-lagi perhatian dari pemerintah khususnya diknas propinsi dan kota Makassar sangat minim. Dari 52 guru yang ada di Chara baru 20 orang yang sudah sertifikasi. Tunjangan fungsional yang katanya ada untuk guru, hingga saat in para guru Chara belum mendapatkannya. Genaplah sudah predikat Chara" SEGUDANG PRESTASI TAPI  MINIM PERHATIAN DARI PEMERINTAH"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar